Laman

Search

Sabtu, 23 Juli 2011

Bagaimana Bermain Go di internet

nah berhubung ada yang menanyakan hal ini maka pada sesi ini akan diajarkan bagaimana cara bermain igo di intrnet.

hmmm sebenarnya ada banyak cara bermain igo di internet, seperti di KGS, Yahoo, IGS, dll
namun berhubung yang paling mudah digunakan adalah KGS (Kiseido Go Server) maka yang akan kita bahas adalah bagaimana cara bermain igo di KGS.
pertama tama
buka gokgs.com lalu akan muncul halaman depan website tersebut.
tapi perlu diingat sebelum bermain go komputer kalian harus mempunyai program java karena akses igo di KGS memerlukan Java.
jadi jika belum ada javanya bisa di donlot terlebih dahulu, di web gokgs.com sudah ada link untuk mendonlotnya. jika memang tidak bisa menginstal atau mendonlot java. mending cari warnet yang sudah ada javanya ( jika didaerah jogja ya yang saya tahu ya B-net)
nah
di Gokgs.com tersebut pada halaman depan ada gambar igo dengan tulisan
playIcon2.png Play go now

nah kalau mau main tinggal klik aja tulisan tersebut atau gamabarnya.
cara lain (jika punya koneksi dirumah) adalah dengan membuka link
http://www.gokgs.com/download.xhtml disana ada Client dan SGF editor. setelah didonlot maka komputermu akan terinstal program
C-goban dan kamu bisa langsung main.
nah jika kamu sudah berhasil masuk ke kgs. maka tinggal cari room indonesia.
caranya mencari room indonesia adalah dengan mengklik toolbar room di bagian atas kemudian akan muncul windows cari di bagian nation>indonesia lalu klik dan kamu akan secara otomatis terhubung dengan room indonesia.
jika mau main igo kamu tinggal bikin melalui new game atau lewat room open game.

demikian sedikit yang bisa diajarkan hari ini jika masih belum paham dateng aja pas pertemuan rutin YIC setiap hari Rabu atau Minggu jam 3 sore di UOT unit 2 lantai 3 UGM yogyakarta


Bad habits

ada banyak kebiasaan buruk dari para pemain yang perlu dihindari yaitu... (terutama saat bermain ladder)
1. Argue The Opponent Into His Move
contohnya
"jika kamu kesana aku akan membunuhmu..."
"dah kamu tenuki aja... itu aman kok..."
"aku rasa... wilayahku lebih besar..."
atau kata kata yang lain yang dapat mengganggu permainan...

2. Asking opponent if the game is finished before the dame are filled
hmm sebelum semua dame terisi atau kedua pemain bilang "pass" sebaiknya jangan berdiskusi dulu...
misal "perasaan dah selesai yah... tinggal ngisi dame kan?"
karena pada saat itu belum tentu hanya tinggal ngisi dame... mungkin ada yang masih bisa dilakukan seperti langkah2 yang
menguntungkan atau malah merugikan.
sebaiknya mendiskusikan apapun saat permainan berakhir

3.Calling Out Atari
Ingat Igo bukan Chess yang mengatakan "skak"
berteriak "atari" saat ada grup yang teratarikan merupakan kebiasaan buruk.
karena mengabaikan atari bukan akhir dari segalanya... tidak seperti catur bila mengabaikan skak
tapi jika bermain free sih ga masalah...

4.Get angry
Igo adalah permainan. just a game. jadi jika kalah atau terjadi sesuatu yang mengakibatkan kemungkinan kekalahan... alangkah baiknya jika tetap berkepala dingin... It just a game. lagipula siapa tahu jika masih ada cara untuk membalikkan keadaan.
jika sudah diliputi emosi... kemungkinan kekalahan akan semakin besar.
jadi marah adalah kebiasaan buruk....

5.Naming all your Excuses for Losing
berkata
"jika ga ada komi aku menang..."
"wah kurang perhatian aku tadi.."
"tadi jika openingku pake go moku aku pasti menang.."
"karena terlalu gelap jadi kalah deh..."
"lagi ga fit nih aku.."
"aku memang ga berniat menang kok"
"hehe aku tadi coba2 langkah baru.."
"aku ga suka kalo pake handi...."
"aku ga biasa pake putih sih... jadi kalah.."
atau alasan alasan yang lain..... this is bad habit... kalah ya kalah...
jadi yang bagus adalah bagaimana kamu belajar dari kekalahan sehingga tidak kalah lagi di pertandingan selanjutnya...

6. Refuse To Take Handicap
ini biasa dilakukan oleh pemula... yaitu menolak memakai handicap. mengapa dikatakan bad habit karena . tanpa handi mempengaruhi ke dua pemain... (kecuali ada peraturan sebelumnya..)
permainan yang baik adalah menciptakan permainan yang seimbang.

(sebenernya masih banyak... tapi bersambung dulu yah.....)




Monkey Jump (end game trick)


monkey.png
Ini adalah sebuah end game trick yang fungsi utamanya adalah reduksi. Akibat dari langkah ini adalah lawan menderita kehilangan 8-9 point. langkah ini sangat menguntungkan karena batu hitam 1 tidak dapat dipotong.

monkey2.png
monkey3.png

Berikut adalah contoh monkey jump yang salah
monkey4.png
monkey5.png
Dikatakan salah karena Monkey jump ini gagal mereduksi.
hal tersebut dikarenakan batu pijakan untuk melompat belum kuat
contohnya pada gambar sebelah kiri, batu putih 4 memotong batu hitam
begitu juga gambar kanan batu hitam 6 memotong batu putih.

jadi hati hati saat melakukan Monkey Jump agar senjata tidak makan tuan.

agro1986: Sedikit tambahan tentang masalah bahasa... Pada umumnya monkey jump tidak disebut sebagai "end game trick" tapi sebagai "end game technique". Ini karena istilah "trick" dalam igo hanya digunakan untuk langkah-langkah licik yang bisa dihukum (senjata makan tuan).

gushisin: OK kalu gitu kasih contohnya dunk.... ^_^

agro198: Ada lumayan banyak contoh trick play di http://senseis.xmp.net/?Hamete (trick play di joseki)



San Ren Sei

san_ren_sei.png
San Ren Sei berarti "tiga titik bintang dalam satu baris" jika dilihat dari formasi diatas batu putih dan batu hitam menempati titik Hoshi. Opening seperti ini sering muncul dalam permainan Igo modern Pemain Pro yang sering menggunakan langkah ini adalah Takemiya Masaki sebagai Hitam. Bermain dengan opening Sanren sei berarti hitam ingin mengkonsentrasikan wilayahnya di satu sisi. Dan kemudian menanggapi langkah yang akan dilakukan oleh putih
external image 951c161af6198a36a77eb6da4ad1ecca.png
Seperti invasi pada san san hitam memilih mengamankan sisi tengah sehingga putih mendapat pojok
7f5d8b63c22aad7f48da0ff0257dea71.png
456773b056f9fd75962fa483029fe36e.png

Diagonal attachment

Dengan invasi di dalam membuat hitam di pojok dan ditengah terbelah hal tersebutlah yang diinginkan putih
ce64f9337f6d6b6f32162761c91d0287.png
Nah langkah 1cukup bagus karena ada batu di hoshi tengah. maka hitam mempunyai cukup ruang di pojok dan putih menjadi bahaya. maka alternatif langkah putih ada di b dan c
6110f8bd47a4be63078a066255d26cca.png
Variasi penyerangan putih yang lain... variasi yang lain adalah menyerang dari sisi luar Dengan begini putih dapet pojok dan mempunyai batu di dalam
737060936d8dcc253c08a4337f973d83.png
Sedangkan hasil seperti ini ga bagus buat putih. Karena putih terkurung di pojok dan hitam dapat tembok di luar
4712790cb49df2a04c88561c5d8bf866.png
alternatif lain kondisi ini putih mendapat tembok 1 3 7 5 yang bagus dan koneksi exten ke tengah juga bagus
fa2a8af370bc58dbb4074151b4bd9797.png
alternatif lain Hitam menjadi sangat heavy. sedangkan putih mudah diserang
jurus invasi yang lain Contact invasion 981fa6afaa94abfdeac5313fcf652ad5.png
Nah ini namanya contact invsion, kalo di YIC istilah kerennya "nempel" Walaupun disarankan jangan nempel di awal2 permainan, namun hal ini bisa juga dilakukan untuk menghadapi handicap tinggi atau bisa dikombinasikan dengan kakari.
deb002ce2388d9922bc450228e2bc546.png
Lihat variasi ini, hitam jadi punya tembok keluar, sedangkan putih rebut di bagian dalam. Jika putih tidak segera menanggapi pojok kanan maka hitam akan sangat diuntungkan.
42d1e168d31ff28cd7ff33def9ea6493.png
Nah jika variasi ini batu hitam di hoshi menjadi sedikit terancam
a1ef1f665639ba8ed836941e410d6c25.png
Batu 1 2 3 dinamakan sabaki. nah langkah ini membutuhkan kualitas skill bertarung yang cukup tinggi
7f5441ab3f4d2695b605721d822157fb.png
Dan yang terakhir ini adalah langkah permainan sedikit heavy. Dimana batu hitam menutup celah di 4.
San Ren Sei dalam permainan Pro769162bb2664319bb74ab112c04b3ec6.png
Maeda Nobuaki (B) against Kitani Minoru, September 1933
da47893333dfd7abb427d9c18c24fae6.png
Onoda Chiyotaro (B) against Kitani Minoru (October 14, 1933)
8ce09b3c4d07ed959d1c89a164d84888.png

1 komentar: